Sabtu, 16 Juni 2012

Yogya 4 dan Seisinya


Yogya 4 itu adalah sebuah nama jalan di Perumahan Jawatan Kereta Api atau lebih singkatnya Perum.PJKA, Semarang dekat Rumah Sakit DR.Kariadi. Di jalan ini terdapat sebuah Rumah cukup besar, tak terlalu besar juga, luaslah. Rumah ini di jadikan tempat Kosan dan Bengkel. Sebelumnya Saya tidak pernah tahu Rumah ini kalau Saya tidak Kos dulu di Gundi nomor 4. Entah kebetulan atau memang sudah jalannya, Saya dapat tempatkan dengan nomor sama tapi jalan berbeda namun satu Komplek yaitu PJKA.


Awal mula Kos di jalan Gundi nomor 4 karena tidak ada internet (modem ada tapi lemot), Saya lebih sering pergi ke Warnet di deket Kosan. Di jalan Yogya juga. Cuma nomor 14 (agak lupa). Saking seringnya, Saya sempat bermalam di situ. Bukan buat tidur tapi buat main internet. Itu pas malam minggu lho. Kalau bukan malam minggu gawat. Singkat cerita, sering di Warnet Om Sonny, Saya berteman dengan Anak dan Keponakkan serta Adiknya Om Sonny itu. Mereka baik, ramah dan asyik. Yang Saya ingat ketika pergantian tahun 2010 ke 2011, Saya dan Keluarga Om Sonny dan Anak-Anak Kosnya (Om Sonny buka tempat Kosan juga tapi khusus Cewek) bakar jagung.


Kebetulan Anak-Anak Kosannya Om Sonny itu Kaka Angkatan di Jurusan. Lebih kurang kenallah. Dan saat itu Saya ngobrolah dengan salah satu Anak SMP. Namanya Kukuh, cerita-cerita soal Kosan. Ternyata Ibunya buka Kos-Kosan di deretan Rumah Om Sonny, cuma ya agak jauh. Kukuh pun menceritakan kelebihan-kelebihan (menurut Saya kelebihan sih) dari Kos punya Ibunya di banding Kosan Saya. Dan saat itu juga Saya tertarik. Sekitar tanggal 2 Januari, Saya melihat lokasi yang akan jadi tempat Kosan baru Saya. Ternyata tempatnya nyaman apalagi di tambah cerita Ibu Endang (Pemilik Kosan yang sekarang Ibu Kosan Saya) bahwa Rumahnya rame sama Temen-Temen Anak Kosannya yang rata-rata di FK juga cuma 2006.


Sebenernya pas tanggal 2 itu Saya udah mau langsung masuk. Cuma kata Ibu Endang Saya harus sabar karena besoknya tanggal 6 jadwal Saya bayar Kosan di Gundi (sebelumnya Saya cerita Kosan Saya di Gundi). Ya udah akhirnya tanggal 2-5 sore Saya di bantu Mas Galih, Mas Rico, Lano dan Kukuh mengangkat barang-barang yang cukup banyak dengan bertahap di bawa ke Kosan yang baru di Yogya 4. Pas tanggal 6 setelah Saya menceritakan ke Bapak Kos, Saya kemudian berpamitan untuk pindah. Resmilah tanggal 6 Saya masuk Kosan Yogya 4.


Orang yang pertama kali Saya temui (Anak Kosan) itu adalah Mas Riza. Dulu pas sering internetan di Om Sonny setiap Kuliah atau ngerjain tugas di situ Saya beberapa kali sempat melihat Mas Riza seperti ngeprint atau minta tolong ketikkin ke Om Sonny. Setelah kenalan bla bla bla bla, Mas Riza ngasih tau kalau di sini ada WiFi (Speedy) bayarannya tiap bulan. Singkat cerita, Saya kenalan sama Mas Rizky, Mas Gugum, Mas Ega, Mas Agno, Khoirul terakhir Mas Teguh. Yang Kamarnya nomor 1 itu di garasi area bengkel (Kos-Kosan juga ada Bengkel Mobilnya) Kamarnya Khoirul, angkatan 2010 cuma dari Puasa tahun lalu Dia udah pindah Kosan. Kamar nomor 2 itu Kamarnya Mas Ega. Mas Ega ini Komting (Ketua Kelaslah kalau di SMA) Kedokteran Umum 2006. Kamar nomor 3 itu Kamarnya Mas Agno.


Kamarnya Khoirul sama Mas Ega itu ada Kamar Mandinya cuma gabung. Jadi 2 Kamar di apit sama Kamar Mandi. Kalau Kamarnya Mas Agno yang paling besar ada Kamar Mandinya sendiri. Abis Kamarnya Mas Agno, Kamar Saya di nomor 4 (lagi-lagi 4). Setelah Kamar Saya, Kamar nomor 5 itu Kamarnya Mas Riza, Kedokteran Umum 2006. Abis Kamarnya Mas Riza itu Kamarnya Mas Gugum di nomor 6. Kamar Mas Riza dan Mas Gugum cuma di pisahin sama triplek tapi tetep pintunya masing-masing. Hehehehe..... Ada tangga beranak 3 alias naik ke lantai 2 itu di Kamar nomor 7 ada Kamarnya Mas Teguh. Mas Teguh kerja di Pelabuhan. Dan terakhir di Kamar nomor 8 ada Kamarnya Mas Rizky atau Blo-Blo.


Mas Rizky di panggil Blo-Blo karena gendut. Hehehe.... Tapi sekarang udah kurus loh. Kos di Yogya 4 menurut Saya nyaman sekali. Yup benar-benar nyaman. Sudah seperti Rumah sendiri. Gak perlu repot-repot makan Indomie di luar, gak perlu repot-repot beli Aqua Galon, gak perlu repot-repot nyari-nyari makanan. Semua tersedia. Di Kosan ada Televisi di Ruang Tengah, ada Kompor, ada Aqua Galon ada Nasi (kadang-kadang) Hehehe.... Karena Ibu Kosan jualan jadi kadang bisa pesen makanan di Ibu Endang. Pertama kali nyobain Gongso (enak) ya di Ibu Kos.


Baru 2 bulan Kos di Yogya 4, Februari tanggal 27 udah di ajak main Paintball. Kenal Paintball atau mainan tembak-tembakkan pakai cat warna ya di Yogya 4 ini. Hahaha.... Ketauan katroknya.... Nah di permainan inilah Saya kenal Kaka-Kaka Angkatan 2006 lebih banyak lagi. Kayak Mba Mimi (Rayvita Anm) terus Mba Nicky (Nicky Santika Pacarnya Mas Ega), Mas De Dawn (Fajar Adesta), Mba Anin (Anindya Wardhani Pacarnya Mas De Dawn, sekarang sih Mantan), Mas Indra (Indra Satiavani), Mba Yesi (Yesi Mardhatillah) dan Mba (Lupa Namanya). Seru juga main Paintball. Gak terasa setahun sudah berlalu kenangan itu.


Terus pengalaman berkesan di Yogya 4 adalah kebersamaan. Ya bisalah di bilang gitu. Soalnya tiap ada masalah pasti Sekosan ngebantu. Banyaklah contohnya. Terus juga pas ngebolang ke Magelang. It's amazing journeylah pokoknya. Pergi naik Motor ke Magelang sama Mas Riza, Mas Ega, Mas Septian, Mas Fajar dan Mas Zainul (Zainul Halim). Itu pertama kali Saya rafting. Dan sekali lagi, itu berkat Yogya 4. Ke Magelang tuh tanggal 3 Juni 2011. Seru banget. Pengen lagi tapi gak tau kapan lagi terwujud. Habis itu pas tanggal 19 Juni 2011nya, Mas Ega unjuk kebolehan di Tugu Muda. Mas Ega itu punya bakat sulap dan hipnotis. Saya aja pernah di hipnotis dan itu gokil banget.


Terlepas dari apapun juga, setiap Manusia pasti punya salah dan kekurangan. Gak terasa, Saya sebentar lagi tepatnya beberapa bulan lagi akan berpisah dengan Mereka. Khususnya Kaka-Kaka yang Kos di Yogya 4. Suka dan Duka pernah di lewati bersama. Saya yang awal-awal sering minjem uang. Entah ada yang udah di balikkin belom. Kadang Saya kurang sopan sama Kaka-Kaka Kosan. Kadang Mereka memberikan masukkan, nasihat dan juga perhatian pada Saya. Kini tak terasa, Mereka akan mencari kehidupan selanjutnya masing-masing.


Mas Ega yang anggota TNI mungkin masih akan mengenyam Pendidikan Kemiliteran di Magelang. Mas Riza, mungkin beberapa saat pulang ke Majalengka daerah asalnya begitu pun Mas Gugum pulang ke Banjar. Kalau Mas Blo-Blo dan Mas Agno lulus Dokternya 2013. Cuma ya 3 Orang ini (Mas Riza, Mas Ega dan Mas Gugum) yang buat rame. Di Yogya 4lah Saya berasa mempunyai Kakak. Kadang Saya egois dan bersalah hingga berantem (gak berantem gimana sih. Paling diem-dieman) ya macam-macamlah. Kini keramaian itu tinggal menghitung bulan lagi.


Dan Saya baru sempat berbagi kisah di Blog Pribadi hari ini selang 4 bulan Sumpah Dokter Mas Riza, Mas Ega dan Mas Gugum. Nanti gak ada lagi yang nasehatin Saya soal Indonesia gara-gara di Kamar dan di Foto Profil Saya gambar Inggris. Gak ada lagi yang minjemin Motor (selain Mas Blo-Blo). Gak ada lagi yang bilang "Orang Kaya" Hehehe.... Ya memang sih Kita masih bisa berhubungan. Tapi mungkin Mereka dan Saya nantinya sudah mempunyai kesibukkan masing-masing. Saya bangga bisa kenal dengan Orang-Orang hebat seperti Mereka (Mas Riza, Mas Ega, Mas Gugum, Mas Rizky dan Mas Agno).


Saya sangat berterima kasih kepada Allah SWT atas setahun pembelajaran yang telah IA berikan lewat Kakak - Kakak Kosan Saya. Yang belajar dengan tekun karena selain memang tekun juga untuk memberikan balas budi kepada Kakanya yang membiayai di Kedokteran, ketegasan dan keberanian, kepintarannya hingga bisa cumlaude dan kesabarannya yang malam-malam selalu di ketok pintunya buat minjem Motor kalau kelaperan di malam hari. Semoga Allah senantiasa membalas kebaikkan Kakak - Kakak sekalian. Mohon Maaf ya Mas-Mas semua jikalau Saya pernah atau sering menyakitkan baik di depan maupun belakang.


Saya berharap di bukakan pintu maafnya. Semoga Kita sama-sama sukses di bidangnya masing-masing.

YOGYA 4 DAN SEISINYA TAK AKAN PERNAH TERLUPAKAN

5 komentar: