Kamis, 07 Juni 2012

The Spectacular Event of The Queen's Diamond Jubilee

Setelah Perayaan Syukur di Gereja St.Paul's Cathedral
Nonton kegiatan acara Peringatan 60 Tahun Bertahta Ratu Elizabeth II membuat Saya berdecak kagum sendiri. Bayangin, Yang Mulia Ratu telah memerintah Inggris dan Skotlandia serta Persemakmuran selama 60 Tahun. Luar biasa sekali. Perayaan ini pun membuat semua mata Dunia tertuju pada satu Negara dan Kota, yaitu Inggris dan London. Selain karena Perayaan 60 Tahun Bertahta atau Diamond Jubilee. Inggris juga akan menggelar event akbar Dunia yaitu Pertandingan Olimpiade atau Olympic Games. Persiapan sudah hampir mencapai 100% untuk tanggal 27 Juli 2012 di Pembukaan Pesta Olimpiade yang bertempat di Hyde Park, London, Inggris.

Setelah Perayaan Syukur di Gereja St.Paul's Cathedral
Pertandingan Olimpiade ini akan di buka oleh Yang Mulia Ratu Elizabeth II. Pembukaan akan di semarakkan oleh penampilan Penyanyi-Penyanyi papan atas Dunia seperti Sir Paul McCartey, Duran-Duran, London Simfoni Orkestra dll. Inggris memang memikat hati para pecinta Kerajaan. Karena Inggris merupakan sebuah Kerajaan yang mempunyai 53 Negara (termasuk Inggris dan Skotlandia) Persemakmuran. Ratu Elizabeth II adalah Kepala Persemakmuran dan Pemerintahannya. Kembali ke The Queen's Diamond Jubilee, banyak sekali kegiatan-kegiatan yang di lakukan Ratu beserta Pangeran Philip, Adipati dari Edinburgh dalam rangkaian 60 Tahun Bertahta ini. Yang Mulia Ratu mengunjungi hampir seluruh Kota di Inggris kemudian anggota Keluarga Kerajaan lainnya berkunjung ke Negara-Negara Persemakmuran.

Ratu Elizabeth II dan Anggota Keluarga Kerajaan di Perahu Spirit of Chartwell
Seperti Pangeran Charles dan Camila, Adipati Wanita dari Cornwall yang berkunjung ke Kanada dan akan berkunjung ke Papua Nugini, Australia dan Selandia Baru. Kemudian Pangeran Harry dari Wales yang telah berkunjung ke Bahama, Jamaika dan Brasil. Lalu Pangeran Andrew, Adipati dari York yang telah berkunjung ke India, lalu Putri Anne, Putri Kerajaan yang telah berkunjung ke Mozambik dan Zambia serta ke Yunani untuk menyalakan obor Olimpiade dari api abadi Olimpiade di Atena, Yunani. Pangeran William dan Kate Middleton, Adipati dan Adipati Wanita dari Cambridge akan mengunjungi Malaysia, Singapura, Kepulauan Solomon dan Tuvalu. Dan beberapa anggota Keluarga Kerajaan lainnya akan mengunjungi Negara-Negara seperti Uganda, Kepulauan Falkland, Barbados, Grenada dll.

Setelah Perayaan Syukur di Gereja St.Paul's Cathedral 
Perayaan sebenarnya 60 Tahun Bertahta Ratu Elizabeth II di mulai pada 2 Juni 2012 di mana 60 tahun silam Putri Elizabeth Alexandra Mary di nobatkan menjadi Ratu Inggris, Skotlandia dan Persemakmuran. Di tandai dengan dentuman meriam sebanyak 41 kali di dekat Sungai Thames, London. Kemudian di adakan Pesta Kebun di halaman Istana Buckingham di seluruh jalan-jalan Kota di Inggris dan Skotlandia. Pangeran Charles dan Camila, Adipati Wanita dari Cornwall membuat kejutan pada Masyarakat Picadilly yang tidak jauh dari kediaman Ratu Elizabeth II. Pangeran Charles dan Camila, Adipati Wanita dari Cornwall hadir di pesta jalanan di Daerah tersebut tanpa di duga.

Jamuan Makan Siang Untuk Pemimpin Masing-Masing Negara Persemakmuran
3 Juni 2012, Sungai Thames ramai dengan 1000 Perahu yang mengikuti pawai. Ratu Elizabeth II beserta anggota Keluarga Kerajaan pun ambil bagian dalam pawai tersebut. Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip, Pangeran Charles, Camila, Pangeran Wiliam, Kate Middleton dan Pangeran Harry menaiki Perahu bernama Spirit of Chartwell yang di hiasi oleh 10.000 bunga. Angka 1000 melambangkan pelayaran Inggris yang telah memasuki usia 1000 tahun. Lalu pada 4 Juni 2012, acara Konser Peringatan 60 Tahun Bertahta Ratu Elizabeth II telah menanti untuk di saksikan.

Ratu Elizabeth II Menyalami Sir Elton John Usai Konser 60 Tahun Bertahtanya
Ya, The Queen's Diamond Jubilee Concert yang di persembahkan dan di siarkan langsung oleh BBC mulai 18.30 waktu setempat atau 01.30 WIB (5 Juni 2012). Konser ini di meriahkan oleh Penyanyi-Penyanyi kenamaan Inggris. Seperti Sir Elton John, Sir Paul McCartey, Jessie J, Will.I.Am, Dame Shirley Basey, Stevie Wonder, Annie Lennox, Sir Tome Jones, London Simfoni Okestra dll. Konser di gelar di Monumen Ratu Victoria tepat di depan Istana Buckingham. Namun sayang pada acara Konser ini yang akan di tutup dengan penyalaan lampu sura dan kembang api atau The Queen's Beacon and Firework tidak di hadiri oleh Pangeran Philip. Pangeran Philip sebelum acara berlangsung beberapa jam di larikan ke Rumah Sakit di Skotlandia untuk perawatan intensif saluran kandung kemih. Sebelumnya pada Natal 2011, Pangeran Philip tidak bisa ambil bagian karena harus di operasi Jantung.

Ratu Elizabeth II Menekan Tombol Berlian Tanda Lampu Sura di Nyalakan
Pada pukul 22.00 waktu setempat atau 05.00 WIB, Ratu Elizabeth II di dampingi Pangeran Charles dan Camila, Adipati Wanita dari Cornwall menekan tombol berbentuk berlian sebagai penyalaan lampu sura yang berada tepat di simpang jalan The Mall. Setelah itu 4000 lampu mercusuar di nyalakan di seluruh Inggris, Skotlandia dan Negara Persemakmuran. Tak ketinggalan, Istana Buckingham di sorot oleh lampu-lampu yang membuat mata Dunia tak akan pernah lupa akan Perayaan ini serta penyalaan kembang api yang begitu spektakuler menambah meriahnya suasana. Lalu pada tanggal 5 Juni 2012, Ratu Elizabeth II dan seluruh anggota Keluarga Kerajaan tanpa Pangeran Philip menghadiri Perayaan Syukur atau Thanksgiving Service di Gereja St.Paul's Cathedral.

Kembang Api, Hiasan Istana Buckingham Serta Padatnya The Mall 
Ratu Elizabeth II tampak menaiki Bentley saat keluar dari Istana Buckingham. Berbeda pada Perayaan Emasnya, Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip keluar dari Istana Buckingham menaiki Kereta Emas dengan iringan lagu Zadok The Priest. Ketika usai Perayaan Syukur, Ratu Elizabeth II di dampingi Pangeran Charles dan Camilla, Adipati Wanita dari Cornwall menaiki Kereta Kuda Kerajaan menuju Istana Buckingham yang selanjutnya bersama-sama bergabung di balkon Istana, Pangeran William, Kate Middleton, Adipati Wanita dari Cambridge serta Pangeran Harry dari Wales untuk melambaikan tangan ke Rakyat Inggris serta menyaksikan parade Pesawat Tempur Inggris.

Ratu Elizabeth II Menuju Gereja St.Paul's Cathedral
Setelah itu Ratu Elizabeth II memberikan pesan Perayaan 60 Tahun Bertahtanya yang di siarkan ke seluruh wilayah Inggris dan Skotlandia serta Negara Persemakmuran. Ratu merasa tersentuh dengan acara-acara yang di selenggarakan oleh Panitia. Yang Mulia Ratu beserta Suami juga berterima kasih kepada para pihak yang telah membantu suksesnya Perayaan 60 Tahun Bertahtanya atau The Queen's Diamond Jubilee. Dari Negeri Paman Sam, Amerika Serikat yang merupakan sekutu Inggris, Presiden Obama menyampaikan selamat atas Perayaan Diamond Jubilee ini. Obama mengatakan bahwa Ratu Elizabeth II merupakan saksi hidup hubungan khusus yang abadi antara Inggris dan Amerika Serikat. Obama berharap Yang Mulia Ratu panjang umur dan dapat merayakan bertahtanya di tahun-tahun mendatang.

8 komentar: